MAHAsiswa yang Berperan(g)


Salam kaum muda, salam pergerakan bangsa!
Apa peranmu hari ini? Pikirkan dan renungkan. Mahasiswa adalah seorang terpelajar yang mampu berperan lebih dari pelajar pada umumnya. Mahasiswa adalah seorang terdidik yang mampu berperan membangun pendidikan bangsanya. Mahasiswa adalah seorang yang mampu berperan, berperan tidak hanya untuk dirinya tetapi juga masyarakatnya. Disini saya mungkin mencoba bercerita tidak hanya definisi buku ataupun artikel. saya disini mencoba bercerita dari sudut pandang saya pribadi mengenai peran mahasiswa.
Ketika saya SMA dulu, saya selalu membayangkan bahwa masa perkuliahan adalah masa yang menyenangkan, tanpa beban, dan bebas. Perkuliahan adalah masa dimana kita jauh dari orangtua dan membangun cita cita kita. perkuliahan menjadi masa yang membuat diri kita bisa berpergian malam, begadang, tanpa ada yang melarang.
Salah! Salah! disini pola pikir itu telah salah. ketika saya memasuki dunia perkuliahan pertama kali (bukan kampus ini memang), saya banyak mempelajari bahwa mahasiswa itu memiliki peran. Peran yang tidak hanya untuk nilai mata kuliah agar mendapat A. Peran yang tidak hanya memikirkan IP Cumlaude agar orangtua nya bangga. Peran yang tidak hanya untuk hadir di perkuliahan, menyelesaikan tugas dan bermain. Peran mahasiswa yang saya dapatkan di perkuliahan lebih dari itu. Mahasiswa sebagai Agent of Change, mahasiswa agen perubahan bangsa. terbukti mahasiswa mampu mengubah satu rezim di tahun 1998. Mahasiswa sebagai Iron Stock. Mahasiswa sebagai social control, mahasiswa lah yang berperan untuk bersosialisasi di masyarakat, meyuarakan aspirasi dan berperan mengubah keadaan. Mahasiswa sebagai Value Added, memberikan nilai tambah di masyarakat. Mahasiswa sebagai moral force, yang mampu menjaga moral, attitude dan budaya bangsa.
Bagaimana jika mahasiswa tidak mampu seperti itu? yang salah adalah mahasiswa yang tidak mencoba menjadi seperti itu. Mahasiswa akan berperang di masa depannya, menghadapi masalah yang lebih pelik. tidak mampu berperan malah berperang dengan kepentingan pribadi. Rusaklah bangsa ini dengan berbagai peran(g) dalam dirinya.
Bukan mencoba menggurui, bukan mencoba berceramah. Banyak hal yang telah terjadi ketika mahasiswa mampu berperan dalam arti sebenarnya. bukan berperan(g) dalam dirinya. Pemimpin besar di Negara ini berasal dari berbagai latar belakang mahasiswa yang berperan. Anies Baswedan, Jusuf Kalla, BJ Habibie, adalah beberapa contoh Alumni Mahasiswa yang berperan di era nya masing masing.
Mari berperan! saatnya berbuat lebih banyak, belajar lebih cerdas bekerja lebih keras!
Salam,
Mahasiswa yang berusaha Berperan
sumber gambar : instagram @eh_fariz
sumber : http://anakstan.com/asingfebriarto/mahasiswa-yang-berperang/

0 Response to "MAHAsiswa yang Berperan(g)"

Posting Komentar

wdcfawqafwef